Pembahasan Materi Pelajaran Kimia SMA

Sunday, October 27, 2013

Tetapan Kesetimbangan Tekanan Parsial

Pada topik sebelumnya, sobat Materi Kimia SMA sudah mengenal istilah tekanan parsial, yaitu tekanan salah satu komponen sistem yang terdapat dalam campuran gas. Selain dengan konsentrasi molar, tetapan kesetimbangan untuk sistem reaksi yang melibatkan gas dapat dinyatakan dengan tekanan parsial
masing-masing komponen gas. Simak sistem reaksi kesetimbangan berikut:

Materi Kimia SMA

Bagaimanakah persamaan tetapan kesetimbangan untuk reaksi tersebut yang diungkapkan dalam bentuk tekanan parsial komponen gas?

Pada dasarnya tetapan kesetimbangan dalam bentuk tekanan parsial tidak berbeda dengan tetapan kesetimbangan dalam konsentrasi molar. Dalam bentuk tekanan parsial diungkapkan sebagai berikut.

Materi Kimia Kelas XI

Kp adalah tetapan kesetimbangan dalam bentuk tekanan parsial. (PNH3)2, (PN2) , (PH2) adalah tekanan parsial masing-masing komponen gas dalam kesetimbangan yang dipangkatkan dengan koefisien reaksinya.

Hubungan Kc dan Kp

Dalam reaksi kesetimbangan yang melibatkan gas, nilai Kp dan Kc dapat sama atau beda. Tinjau persamaan reaksi hipotetik berikut.

Materi Kimia SMA

Tetapan kesetimbangan untuk reaksi tersebut dalam bentuk tekanan parsial dan konsentrasi molar adalah sebagai berikut.

Materi Kimia SMA

Bagaimanakah hubungan antara Kp dan Kc dalam sistem reaksi yang sama? Apakah memiliki nilai yang sama atau beda?

Masih ingatkah sobat tentang persamaan gas ideal yang berguna untuk menentukan volume molar gas nonstandar? Persamaan tersebut dapat menujukkan hubungan tekanan dan konsentrasi molar gas. Persamaannya adalah PV = nRT. Persamaan ini dapat diubah menjadi:

Materi Kimia SMA Kelas XI

Tekanan parsial A dapat ditulis sebagai: PA = [A] RT. Dengan memasukkan persamaan tekanan parsial komponen gas ke dalam persamaan Kp , diperoleh:

Materi Kimia SMA

Persaman tersebut masih dapat disederhanakan menjadi:

Kp = Kc(RT)Δn, Δn adalah selisih koefisien reaksi.

Materi tetapan kesetimbangan tekanan parsial merupakan materi terakhir yang sobat pelajari di Bab Kesetimbangan Kimia, jika sobat ingin mempelajari dari awal, silahkan menuju materi kesetimbangan dinamis

Facebook Twitter Google+

Back To Top