Pembahasan Materi Pelajaran Kimia SMA

Monday, March 4, 2013

Isotop, Isobar, dan Isoton


Materi kimia kelas X yang akan sobat pelajari sekarang adalah Isotop, Isobar, dan Isoton. Sobat Materi Kimia SMA pernah mendengar unsur karbon?
Berdasarkan data hasil percobaan spetrograf massa, ternyata karbon terdiri atas atom-atom dengan nomor massa yang berbeda, yaitu 12, 13, dan 14. Namun, meskipun memiliki nomor massa yang berbeda, nomor atom dari karbon hanya ada satu, yaitu 6.
Ketiga atom karbon tersebut, bisa ditulis seperti dibawah ini, sob:
isotop
Ketiga atom karbon itu merupakan isotop. Jadi, isotop itu adalah unsur-unsur dengan nomor atom sama, namun nomor massa berbeda.
Bagaimana dengan isobar?
Salah satu contoh isobar yaitu:
isobar
Kira-kira apa yang dapat sobat simpulkan? Apa yang sama dan berbeda dari unsur C dan N?
Terus, isoton?
isoton
merupakan salah satu contoh isoton. Dari contoh itu, apa kesimpulan sobat mengenai isoton? Atom C dan atom N memiliki nomor atom dan nomor massa  berbeda. Namun, coba sobat Materi Kimia SMA hitung jumlah neutron dari masing-masing, apakah sama atau berbeda? Jadi, isoton merupakan atom-atom yang memiliki jumlah proton yang sama.
Mudah-mudahan penjelasan singkat ini bisa membantu sobat memahami materi kimia tentang isotop, isobar, dan isoton. Materi selanjutnya yang akan kita pelajari yaitu Massa Atom Relatif
Facebook Twitter Google+

Back To Top