Pembahasan Materi Pelajaran Kimia SMA

Monday, March 4, 2013

Massa Atom Relatif: Standar Massa Atom


Di laboratorium, massa suatu zat diukur dengan satuan gram. Menurut sobat Materi  Kimia SMA, bagaimana cara mengukur massa suatu atom? Pengukuran massa suatu atom dilakukan dengan cara membandingan massa atom tersebut terhadap massa atom lain yang massanya telah ditetapkan sebagai standar. Dengan kata lain, massa atom yang diukur relatif terhadap massa atom standar.
Atom apa yang digunakan sebagai standar?
Atom yang pertama kali dijadikan standar adalah Hidrogen, massa Hidrogen ditetapkan sebesar 1,00 sma (satuan massa atom). Pada perkembangan selanjutnya, standar massa atom adalah atom oksigen yang massanya ditetapkan sebesar 16,00 sma.
Seiring dengan perkembangan teknologi dalam bidang instrumentasi, khususnya spektrometer massa, diketahui bahwa suatu unsur dapat memiliki lebih dari satu macam isotop. Berasarkan sifat-sifat isotop atom, ditetapkan bahwa standar massa atom adalah isotop karbon yang massanya 12 sma (C-12). Alasannya, isotop C-12 merupakan isotop yang paling stabil. Pada tahun 1961, IUPAC (International Union of Pure and Applied Chemistry) menetapkan isotop C-12 menjadi standar massa atom, dan didefinisikan sebagai:
standar massa atom
Penentuan massa isotop atom-atom lain didasarkan pada nilai perbandingan terhadap massa atom isotop C-12. Jadi, massa atom isotop suatu unsur, misalnya isotp atom X sama dengan:
massa isotop
Pembahasan  di kelas X selanjutnya, silahkan sobat Materi Kimia SMA klik link berikut: Ar dan Mr
Facebook Twitter Google+

Back To Top