Pembahasan Materi Pelajaran Kimia SMA

Wednesday, April 3, 2013

Alkana


Dari materi kimia kelas X sebelumnya, sobat Materi Kimia SMA telah diperkenalkan sedikit mengenai alkana. Alkana merupakan kelompok senyawa hidrokarbon alifatik jenuh atau kelompok senyawa hidrokarbon yang ikatan antar karbonnya (kecuali CH4) merupakan ikatan kovalen tunggal.

Rumus Umum Alkana

Untuk mempelajari rumus umum alkana, perhatikan tabel rumus molekul dan nama beberapa alkana rantai lurus berikut ini.
No
Rumus Molekul
Nama
No
Rumus Molekul
Nama
1.
2.
3.
4.
5.
CH4
C2H6
C3H8
C4H10
C5H12
Metana
Etana
Propana
Butana
Pentana
6.
7.
8.
9.
10.
C6H14
C7H16
C8H18
C9H20
C10H22
Heksana
Heptana
Oktana
Nonana
Dekana
Bila senyawa alkana diurutkan berdasarkan jumlah atom C nya, ternyata ada perbedaan jumlah atom C dan H secara teratur yaitu CH2. Deret senyawa ini merupakan deret homolog yaitu suatu deret senyawa sejenis yang perbedaan jumlah atom suatu senyawa dengan senyawa berikutnya sama.
Dari rumus-rumus molekul alkana di atas dapat disimpulkan bahwa rumus umum alkana adalah:
CnH2n+2      ;n = jumlah atom karbon

Struktur Alkana

Senyawa golongan alkana paling sederhana adalah metana (CH4) yang terdiri atas satu atom karbon dan empat atom hidrogen. Model molekulnya sebagai berikut.


Struktur molekul alkana yang lebih panjang, seperti etana, propana, butana, dan yang lainnya membentuk rantai yang memanjang. Struktur alkana dan senyawa karbon umumnya biasa dituliskan dalam bentuk rumus struktur yang dimampatkan, seperti empat deret alkana pertama berikut.
CH4
CH3−CH3
CH3−CH2−CH3
CH3−CH2− CH2−CH3
CH4 (metana)
C2H6 (etana)
C3H8 (propana)
C4H10 (butana)
Berdasarkan strukturnya alkana merupakan suatu hidrokarbon yang mempunyai ikatan tunggal antara C dan C nya. Oleh karena semua C sudah mengikat 4 atom lain, maka alkana disebut hidrokarbon jenuh atau parafin. Kata parafin berasal dari parum afinis yang berarti mempunyai daya gabung yang kecil, dengan kata lain alkana sukar bereaksi dengan zat lain.
Itulah pembahasan mengenai rumus umum dan struktur alkana. Materi kimia kelas X selanjutnya yang akan sobat pelajari adalah Tata Nama Alkana
Facebook Twitter Google+

Back To Top