Pembahasan Materi Pelajaran Kimia SMA

Friday, June 28, 2013

Hibridisasi Dalam Molekul Benzena

Bagaimanakah hibridisasi dalam molekul benzena? Untuk mempelajarinya, sobat Materi Kimia SMA dapat membaca uraian berikut.

Terdapat sejumlah molekul yang memiliki ikatan π . Salah satu contoh yang penting adalah molekul benzena (C6H6). Molekul benzena secara prinsip memiliki dua bentuk resonansi yang dapat diungkapkan dalam bentuk hibrida resonansi, yaitu:

Materi Kimia SMA

Bentuk molekul benzena adalah heksagonal datar, sedangkan struktur pada setiap atom karbon dalam benzena adalah trigonal planar dengan sudut ikatan 120° maka dapat diduga bahwa hibridisasi yang terjadi pada atom karbon adalah sp2.

Orbital hibrida sp2 yang pertama digunakan berikatan dengan orbital 1s dari atom hidrogen. Dua orbital hibrida sp2 yang lain digunakan untuk berikatan dengan orbital sp2 dari atom-atom karbon yang berdampingan. Semua ikatan yang dibentuk adalah ikatan sigma, seperti ditunjukkan pada gambar berikut:

Materi Kimia SMA

Setiap atom karbon memiliki orbital 2p sisa yang tegak lurus terhadap bidang heksagonal. Keenam orbital 2p tersebut bertumpang tindih membentuk tiga ikatan pi. Ikatan pi ini tidak diasosiasikan dengan setiap pasang atom karbon tertentu melainkan orbitalorbital tersebut membentuk orbital terdelokalisasi.

Materi Kimia SMA

Terdapat tiga puluh elektron valensi dalam senyawa benzena. Sebanyak 24 elektron valensi menghuni 12 orbital ikatan sigma dan 6 elektron valensi menghuni 3 orbital ikatan pi menghasilkan kerapatan muatan elektron total.

Selanjutnya, di kelas XI ini sobat akan mempelajari Gaya Antar Molekul

Facebook Twitter Google+

Back To Top