Pembahasan Materi Pelajaran Kimia SMA

Friday, August 16, 2013

Pengukuran Tetapan Kalorimeter

Apakah sobat Materi Kimia SMA sudah mengetahui apa kalorimeter itu? dan bagaimana cara pengukuran tetapan kalorimeter tersebut?

image

Kalorimeter adalah alat untuk mengukur kalor.  Kalorimeter ini terdiri atas bejana yang dilengkapi dengan pengaduk dan termometer. Bejana diselimuti penyekat panas untuk mengurangi radiasi panas, seperti pada termos. Kalorimeter sederhana dapat dibuat menggunakan wadah styrofoam.

Untuk mengukur kalor reaksi dalam kalorimeter, perlu diketahui terlebih dahulu kalor yang dipertukarkan dengan kalorimeter sebab pada saat terjadi reaksi, sejumlah kalor dipertukarkan antara sistem reaksi dan lingkungan (kalorimeter dan media reaksi). Besarnya kalor yang diserap atau dilepaskan oleh kalorimeter dihitung dengan persamaan:

Qkalorimeter = Ck. Δ T

dengan Ck adalah kapasitas kalor kalorimeter.

Dalam reaksi eksoterm, kalor yang dilepaskan oleh sistem reaksi akan diserap oleh lingkungan (kalorimeter dan media reaksi). Jumlah kalor yang diserap oleh lingkungan dapat dihitung berdasarkan hukum kekekalan energi. Secara matematika dirumuskan sebagai berikut.

Qreaksi + Qlarutan + Qkalorimeter = 0

Materi kelas XI selanjutnya yang akan sobat pelajari yaitu menentukan kalor reaksi

Facebook Twitter Google+

Back To Top