Pembahasan Materi Pelajaran Kimia SMA

Monday, March 4, 2013

Ar dan Mr


Sobat Materi Kimia SMA, masih ingat atom yang dijadikan sebagai standar massa atom oleh IUPAC? Yap, benar, atom C-12. Setelah ditetapkan standar massa atom adalah atom C-12, maka massa atom unsur-unsur lain dapat ditentukan secara eksperimen menggunakan alat spektrometer massa. Spektrometer massa memberikan data yang akurat tentang isotop atom suatu unsur dan kelimpahannya di alam.
Menurut IUPAC, massa atom suatu unsur ditentukan berdasarkan massa setiap isotop dan kelimpahannya. Penentuan dengan cara ini dinamakan massa atom relatif (Ar). Massa atom relatif didefinisikan sebagai jumlah dari massa setiap isotop dikalikan kelimpahannya di alam.
Jika suatu unsur memiliki n isotop
·         Massa isotop-1 = m1, dengan kelimpahan Z1
·         Massa isotop-2 = m2, dengan kelimpahan Z2
·         Massa isotop-n = mn, dengan kelimpahan Zn
Maka Ar unsur tersebut adalah sebagai berikut:
Ar = (m1 x Z1) + (m2 x Z2) + ...... + (mn x Zn)
Bagaimana cara menghitung massa dari senyawa?
Dengan mengetahui Ar dari suatu unsur, sobat dapat menentukan massa relatif dari suatu senyawa (Mr), karena senyawa merupakan gabungan dari dua unsur atau lebih dengan perbandingan tetap. Untuk menghitung Mr, sobat perhatikan contoh berikut.
Berapa Mr dari CO2,  jika Ar C = 12 sma  dan  Ar O = 16 sma?
Senyawa CO2 terdiri dari 1 atom C dan 2 atom O
Maka, Mr CO2 = Ar C + 2Ar O
                         = 12 sma + 2(16 sma) = 44 sma
Itulah uraian materi kimia kelas X mengenai Ar dan Mr, semoga bisa membantu sobat Materi Kimia SMA semua mempelajarinya. Selanjutnya yang akan sobat pelajari adalah Struktur Atom
Facebook Twitter Google+

Back To Top