Energi Ionisasi


Sobat Materi Kimia SMA sudah mengenal istilah ion kan? Kalian sudah mempelajarinya sewaktu SMP. Materi kimia kelas X sekarang juga berkaitan dengan ion (yaiyalah judulnya juga ada ion-ionnya, hehehe), yaitu energi ionisasi.
Apa yang dimaksud energi ionisasi?
Energi ionisasi adalah energi yang dibutuhkan untuk melepaskan elektron valensi dari suatu atom atau ion dalam wujud gas. Contohnya:
Na (g) → Na+ (g) + e
Nilai energi ionisasi bergantung pada jarak elektron valensi terhadap inti atom. Makin jauh jarak elektron valensi terhadap inti atom, makin lemah tarikan inti terhadap elektron sehingga energi ionisasi makin kecil. Berikut ini adalah grafik energi ionisasi untuk unsur-unsur utama.
energi ionisasi unsur-unsur utama

Menurut sobat Materi Kimia SMA, bagaimana kecenderungan energi ionisasi jika diurutkan dari kiri ke kanan pada periode yang sama? Karena tarikan inti terhadap elektron valensi bertambah (baca: semakin sulit melepaskan elektron), energi ionisasi cenderung semakin besar seiring dengan bertambahnya nomor atom.
Bagaimana dengan unsur-unsur dengan golongan yang sama? Dalam satu golongan, energi ionisasi akan semakin lemah seiring dengan bertambahnya nomor atom. Hal tersebut disebabkan karena jari-jari atom semakin besar, jarak dari inti ke elektron valensi semakin jauh, sehingga untuk melepaskan elektron valensi dibutuhkan energi yang kecil.
Seperti itulah pembahasan materi kimia kelas X tentang energi ionisasi (Bab Sistem Periodik Unsur).Selanjutnya sobat Materi Kimia SMA akan mempelajari afinitas elektron

No comments:

Post a Comment