Pembahasan Materi Pelajaran Kimia SMA

Wednesday, March 6, 2013

Beberapa Sifat Periodik Unsur


Sekarang, di kelas X ini, melanjutkan Bab Sistem Periodik Unsur, sobat MateriKimia SMA akan mempelajari beberapa sifat periodik unsur. Sifat-sifat yang akan sobat pelajari diantaranya adalah jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron,dan keelektronegatifan.

Jari-jari Atom

Jari-jari atom sangat kecil, diduga diameternya sekitar 10–10 m. Satuan yang biasa digunakan untuk menyatakan jari-jari atom adalah angstrom (Å). Satu angstrom sama dengan 10–10 m. Jari-jari atom didefinisikan sebagai setengah jarak antara dua inti atom yang berikatan dalam wujud padat.
Perhatikan jari-jari atom unsur-unsur pada grafik berikut
grafik jari-jari atom

Setelah melihat grafik di atas, apa yang dapat sobat Materi Kimia SMA simpulkan? Bagaimana kecenderungan jari-jari atom untuk unsur-unsur yang termasuk satu golongan ataupun satu perioda?
Untuk unsur-unsur dengan golongan yang sama, jari-jari atom akan meningkat seiring dengan bertambahnya nomor atom. Atau dengan kata lain dari atas ke bawah jari-jari atom akan bertambah. Hal tersebut disebabkan karena bertambahnya orbit / lintasan elektron sehingga volume atom mengembang dan jari-jari atom semakin besar.
Bagaimana dengan unsur-unsur yang termasuk dalam satu perioda?
Untuk unsur-unsur dengan perioda yang sama, jari-jari atom akan menurun seiring dengan bertambahnya nomor atom. Hal ini disebabkan karena jumlah proton bertambah, sehingga tarikan inti atom terhadap elektron valensi semakin kuat dan mengakibatkan berkerutnya volume atom.
Sobat Materi Kimia SMA, seperti itulah keperiodikan dari jari-jari atom, materi selanjutnya yang akan kalian pelajari adalah energi ionisasi
Facebook Twitter Google+

Back To Top