Pembahasan Materi Pelajaran Kimia SMA

Tuesday, March 12, 2013

Ikatan Kovalen Tunggal


Sobat Materi Kimia SMA, melanjutkan pembahasan sebelumnya (ikatan kovalen, materi kimia kelas X), sekarang kita akan mempelajari ikatan kovalen tunggal. Apakah yang dimaksud ikatan kovalen tunggal?
Ikatan kovalen tunggal adalah ikatan yang terbentuk dari penggunaan bersama sepasang elektron (setiap atom memberikan saham satu elektron untuk digunakan bersama). Sobat perhatikan contoh berikut:
Atom H dapat berikatan kovalen dengan Cl membentuk HCl. Perhatikan konfigurasi elektron atom H dan Cl berikut.
1H = 1 dan 17Cl = 2  8  7
Agar elektron valensi atom H mirip dengan atom He (2), maka diperlukan satu elektron. Demikian pula atom Cl, agar mirip dengan konfigurasi elektron atom Ar ( 2  8  8), diperlukan satu elektron.
Oleh karena kedua atom tersebut masing-masing memerlukan satu elektron maka cara yang paling mungkin adalah setiap atom memberikan satu elektron valensi untuk membentuk sepasang elektron ikatan.
kovalen hcl

Pembentukan ikatan kovalen tunggal antara atom C dan H dalam molekul CH4.
Konfigurasi elektron atom 1H = 1
Konfigurasi elektron atom 6C = 2  4
Atom C akan stabil jika mengikat empat elektron membentuk konfigurasi mirip dengan atom Ne( 2  8). Empat elektron ini dapat diperoleh dengan cara menyumbangkan empat atom H. Jadi, setiap atom H memberikan saham 1 elektron valensinya.
Proses pembentukan ikatan antara atom C dan H dapat dijelaskan sebagai berikut:
kovalen ch4

Pada CH4, setiap atom H memiliki 2 elektron valensi (seperti He) dan atom C memiliki 8 elektron valensi (seperti Ne). Dalam molekul CH4 terdapat 4 pasang elektron ikatan atau 4 ikatan kovalen tunggal.
Sepasang elektron ikatan dapat dinyatakan dengan satu garis. Misalnya, pada molekul HCl, sepasang elektron ikatan dapat dituliskan dalam bentuk H–Cl. Pada molekul CH4, keempat pasang elektron ikatan dapat dituliskan dalam bentuk seperti ditunjukkan pada gambar berikut:
kovalen ch4

Facebook Twitter Google+

Back To Top