Pembahasan Materi Pelajaran Kimia SMA

Monday, March 4, 2013

Proton


Selamat pagi, sobat Materi Kimia SMA
Partikel penyusun atom kedua yang akan kita pelajari di kelasX ini adalah proton. Keberadaan proton dapat dibuktikan dengan percobaan sinar terusan. Alat yang dipakai adalah tabung Crookes yang dimodifikasi.
tabung sinar terusan

Eugen Goldstein membuat beberapa lubang pada katoda tabung Crookes yang berisi gas hidrogen bertekanan rendah. Setelah dihubungkan dengan sumber arus listrik searah bertegangan tinggi, di bagian belakang katoda terbentuk seberkas sinar, oleh Goldstein dinamakan sinar terusan atau sinar positif. Karena sinar tersebut bergerak menuju katoda bermuatan negatif, maka disimpulkan bahwa sinar tersebut bermuatan positif.
Peristiwa terbentuknya sinar terusan dijelaskan oleh Goldstein sebagai berikut: Sinar katoda merupakan berkas elektron yang bergerak menuju anoda. Dalam pergerakannya, elektron tersebut menumbuk gas hidrogen yang terdapat dalam tabung, yang mengakibatkan elektron pada gas hidrogen terlepas dan atom hidrogen menjadi bermuatan positif (menjadi ion positif). Ion ini bergerak menuju katoda, dan sebagian dapat menembus lubang pada katoda hingga menembus dinding dibelakang katoda.
Penggantian gas hidrogen dengan gas lainnya menghasilkan sinar yang serupa dengan sinar terusan yang dihasilkan oleh gas hidrogen. Setiap sinar terusan yang dihasilkan dari beberapa gas selalu bermuatan positif, yang besarnya merupakan kelipatan dari +1,6 x 10-19 C. Karena hidrogen merupakan unsur terkecil, yakni atom hidrogen hanya mengandung satu proton dan satu elektron, maka disimpulkan bahwa muatan proton sama dengan muatan ion positif dari hidrogen, yaitu sebesar +1,6 x 10-19 C.
Dari data percobaan angka banding e/m menunjukan bahwa angka banding e/m ion positif adalah 9,75 x 104 C/g. Harga ini merupakan harga e/m terbesar dari semua gas yang diteliti. Dengan demikian, disimpulkan bahwa ion positif hidrogenmerupakan partikel dasar bermuatan positif dan dikenal dengan sebutan proton. Massa proton dapat dihitung dari besar angka banding e/m dan muatan proton, yaitu:

massa proton
Semoga penjelasan di atas dapat membantu kalian memahami materi kimia kelas x tentang penemuan proton. Partikel berikutnya adalah neutron.

Facebook Twitter Google+

Back To Top