Pembahasan Materi Pelajaran Kimia SMA

Thursday, April 18, 2013

Tata Nama Alkena


Sobat Materi Kimia SMA, tata nama alkena menurut IUPAC pada umumnya sama dengan cara pemberian nama pada alkana dengan catatan sebagai berikut.
Akhiran –ana menjadi –ena.
Contoh:    C2H4    etena                   C5H10   pentena
Letak ikatan rangkap ditunjukkan dengan nomor, ditulis sebelum nama alkena rantai utama yaitu rantai terpanjang yang mengandung ikatan rangkap. Pemberian nomor dimulai dari atom karbon yang terdekat dengan ikatan rangkap.
Contoh:
 4         3        2        1

CH3 – CH2 – CH = CH2
1-butena


 1         2       3        4

CH3 – CH = CH – CH3
2-butena

Alkena bercabang diberi nama dimulai dengan nomor cabang, tanda (–), namanya alkil, nomor tempat ikatan rangkap, tanda (–), dan nama rantai utama.
Contoh:


Jika dalam molekul alkena terdapat lebih dari satu ikatan rangkap dua maka namanya ditambah di- ...-ena, misalnya 1,3-butadiena dan 1,3,5- dekatriena, dst.
Sifat Fisik Alkena
Bagaimana dengan sifat fisik alkena? Secara umum sifat fisik alkena sama seperti senyawa hidrokarbon yang sobat pelajari sebelumnya, yaitu alkana, yakni makin besar massa molekul makin tinggi titik didih dan titik lelehnya.

Setelah mempelajari tata nama dan sifat fisik alkena, materi kimia kelas X selanjutnya yang akan sobat pelajari adalah Isomer Pada Alkena
Facebook Twitter Google+

Back To Top