Loading...

Komposisi Larutan

Apa yang sobat Materi Kimia SMA pikirkan ketika mendengar kata komposisi? Biasanya kita menemukan kata komposisi di bungkus sebuah produk makanan atau obat-obatan. Makna dari komposisi disana adalah jumlah atau persentase masing-masing zat yang terkandung di produk tersebut. Lalu, apa yang dimaksud komposisi larutan? Materi kimia kelas X (Bab Larutan Elektrolit) sekarang akan membahas hal tersebut.


Komposisi larutan adalah perbandingan zat-zat di dalam campuran. Untuk menentukan komposisi larutan digunakan istilah kadar dan konsentrasi. Kedua istilah ini menyatakan kuantitas zat terlarut dengan satuan tertentu. Satuan yang digunakan untuk menyatakan kadar larutan adalah persen berat (%b/b), persen volume (%V/V), dan bagian per sejuta (bpj) atau ppm (part per million).

Kadar Larutan

Persen berat menyatakan fraksi berat zat terlarut terhadap berat larutan dalam satuan persen. Persen berat biasa diterapkan dalam campuran padat-cair atau padat-padat. Secara matematika, persen berat suatu zat dirumuskan sebagai berikut.
kadar larutan

Persen volume menyatakan fraksi volume zat terlarut terhadap volume larutan dalam satuan persen. Persen volume biasa diterapkan untuk campuran cair-cair atau gas-cair. Secara matematik, persen volume suatu zat dirumuskan sebagai berikut.
kadar larutan
Untuk menyatakan kadar suatu zat yang kuantitasnya sangat sedikit, biasanya diungkapkan dalam satuan bagian per sejuta (bpj) atau dalam bahasa inggrisnya part per million (ppm). Ungkapan bpj suatu zat dinyatakan dengan rumus:
kadar larutan
Jumlah zat A maupun jumlah pelarut dapat berupa satuan berat atau satuan volume, dengan syarat kedua satuan sama atau disamakan terlebih dulu.
Nah begitulah ulasan tentang komposisi dan kadar larutan yang sobat pelajari di kelas X ini, materi selanjutnya adalah Sifat Listrik Larutan

Materi Kimia Kelas X 5716263900114515881

Post a Comment

Home item