Pembahasan Materi Pelajaran Kimia SMA

Saturday, May 18, 2013

Aplikasi Reaksi Redoks


Sebelumnya, di pendahuluan Bab Reaksi Redoks, materi kimia kelas X, telah dijelaskan bahwa aplikasi reaksi redoks sangat penting bagi kehidupan kita, reaksi redoks menghasilkan energi listrik yang siap pakai, seperti pada batrei dan aki (accumulator).
Menurut sobat Materi Kimia SMA, kenapa reaksi redoks dapat menghasilkan arus listrik?
Secara kimia, reaksi redoks tidak berbeda dengan reaksi-reaksi kimia yang lain, tetapi dalam reaksi redoks ada perubahan bilangan oksidasi akibat perubahan muatan. Perubahan muatan ini disebabkan adanya transfer elektron dari satu atom ke atom lain. Jika transfer elektron ini dimanfaatkan akan menghasilkan energi listrik arus searah sebab aliran listrik tiada lain adalah aliran elektron.

Sel Volta Komersial

Sel Volta adalah sumber energi listrik siap pakai yang dikemas dalam bentuk dan ukuran sesuai kegunaan. Sel Volta terdiri atas elektrode (anode dan katode) tempat terjadinya reaksi redoks. Kedua elektrode ini dicelupkan ke dalam zat kimia yang berperan sebagai medium aliran listrik dan sebagai oksidator atau reduktor.
Umumnya, sel Volta komersial berupa sel kering baterai dan accumulator (accu). Jenis baterai bermacam-macam di antaranya baterai seng-karbon, baterai litium, dan baterai nikel-kadmium (nicad). Untuk mempelajarinya lebih lanjut, silahkan sobat Materi Kimia SMA menuju materi Sel Volta Komersial
Facebook Twitter Google+

Back To Top