Pembahasan Materi Pelajaran Kimia SMA

Monday, May 20, 2013

Kekhasan Atom Karbon


Untuk mempelajari Bab Hidrokarbon dan Minyak Bumi di kelas X, pertama sobat harus memahami dahulu kekhasan atom karbon. Apa yang sobat Materi Kimia SMA ketahui tentang atom karbon? Coba sobat lihat di Sistem Periodik, berada di golongan dan perioda berapa atom karbon tersebut? Bagaimana dengan konfigurasi elektronnya?
Atom karbon memiliki empat elektron valensi, keempat elektron valensi tersebut dapat membentuk empat ikatan kovalen melalui penggunaan bersama pasangan elektron dengan atom-atom lain. Atom karbon dapat berikatan kovalen tunggal dengan empat atom hidrogen membentuk molekul metana (CH4). Rumus Lewisnya:
kekhasan atom karbon

Mungkin sobat Materi Kimia SMA sudah mengetahui bahwa selain dapat berikatan dengan atom-atom lain, atom karbon dapat juga berikatan kovalen dengan atom karbon lain, baik ikatan kovalen tunggal maupun rangkap dua dan tiga.
kekhasan atom karbon

H−C≡C−H
Kecenderungan atom karbon dapat berikatan dengan atom karbon lain memungkinkan terbentuknya senyawa karbon dengan berbagai struktur (membentuk rantai panjang atau siklik). Hal inilah yang menjadi ciri khas atom karbon.
kekhasan atom karbon

Jika satu atom hidrogen pada metana (CH4) diganti oleh gugus –CH3 maka akan terbentuk etana (CH3–CH3). Jika atom hidrogen pada etana diganti oleh gugus –CH3 maka akan terbentuk propana (CH3–CH2–CH3) dan seterusnya hingga terbentuk senyawa karbon berantai atau siklik.
Itulah materi kimia kelas X tentang kekhasan atom karbon. Selanjutnya, sobat akan mempelajari Atom C Primer, Sekunder, dan Tersier
Facebook Twitter Google+

Back To Top