Pembahasan Materi Pelajaran Kimia SMA

Wednesday, June 26, 2013

Bentuk Molekul Tanpa Elektron Bebas

Silahkan sobat Materi Kimia SMA simak molekul BeCl2 dengan menggunakan rumus Lewis yang ditunjukkan gambar berikut.

Materi Kimia SMA

Sebagai atom pusat adalah berilium dengan dua elektron valensi. Kedua elektron tersebut digunakan untuk berikatan kovalen dengan atom-atom klorin membentuk dua ikatan kovalen tunggal.

Pasangan elektron ikatan dalam kulit valensi atom pusat akan mengalami tolakan disebabkan muatannya sejenis. Guna meminimalkan tolakan tersebut maka pasangan elektron ikatan akan menjauh satu sama lain. Menurut pendapat Anda, pada posisi bagaimana tolakan akan minimal? Tolakan minimum dicapai jika pasangan elektron ikatan berada pada posisi dengan sudut 180°. Oleh karena sudut ikatan yang terbentuk antara atom klorin dan atom klorin yang lain melalui titik pusat (atom Be) membentuk 180° maka bentuk molekul yang paling mungkin adalah linear.

Materi Kimia SMA

Sekarang, tinjau rumus Lewis dari molekul dengan tiga pasang elektron ikatan dalam kulit valensi atom pusat. Contoh dari molekul ini adalah boron triklorida, BCl3.

Materi Kimia SMA

Tiga pasang elektron ikatan dalam kulit valensi atom pusat berusaha meminimalkan tolakan dengan cara memposisikan sejauh mungkin satu sama lain. Tolakan akan minimum jika ketiga pasang elektron ikatan berada pada posisi 120° satu sama lain. Akibatnya, bentuk molekul yang terbentuk adalah trigonal planar dengan atom pusat berada di tengah-tengah segitiga.

Materi Kimia SMA

Materi kimia kelas XI selanjutnya yang akan sobat pelajari yaitu molekul kovalen tunggal tidak jenuh

Facebook Twitter Google+

Back To Top