Pembahasan Materi Pelajaran Kimia SMA

Monday, June 24, 2013

Hibridisasi Dalam Molekul Yang Memiliki Pasangan Elektron Bebas

Menurut sobat Materi Kimia SMA, bagaimanakah hibridisasi dalam molekul yang memiliki pasangan elektron bebas pada atom pusatnya, misalnya H2O dan NH3. Hal ini dapat dijelaskan dengan orbital hibrida sp3 pada atom pusatnya.
Tinjau molekul H2O dengan atom O sebagai atom pusat:
Materi Kimia SMA
Dua orbital ikatan dalam molekul H2O dapat dipandang sebagai tumpang tindih orbital 1s dari atom H dan satu orbital sp3 dari atom O membentuk dua orbital ikatan sigma O–H. Bentuk struktur orbital hibrida sp3 yang terjadi dalam molekul H2O dapat diperhatikan pada gambar berikut
materi kimia kelas XI
Terdapat delapan elektron valensi dalam molekul H2O, enam dari atom O dan dua dari atom H. Empat elektron valensi menghuni dua orbital ikatan sigma O–H. Empat elektron lainnya menghuni dua orbital sp3 yang tidak berikatan dan membentuk dua pasang elektron bebas pada atom oksigen.
Menurut teori domain elektron, sudut ikatan H–O–H dalam molekul H2O lebih kecil dari sudut tetrahedral murni sebab pasangan elektron bebas menolak lebih kuat terhadap pasangan elektron ikatan sehingga terjadi distorsi bentuk molekul dari tetrahedral murni. Jadi, jelas bahwa dalam molekul H2O terjadi hibridisasi sp3 pada atom oksigen.
Begitulah penjelasan materi Hibridisasi Dalam Molekul Yang Memiliki Pasangan Elektron Bebas , materi kimia kelas XI selanjutnya yang akan sobat pelajari yaitu Hibridisasi Dalam Senyawa Karbon
Facebook Twitter Google+

Back To Top