Pembahasan Materi Pelajaran Kimia SMA

Wednesday, February 27, 2013

Struktur dan Gaya Antar Molekul


Sobat Materi Kimia SMA, sekarang sobat sudah memahami apa saja yang kita pelajari dan kita kaji di dalam ilmu kimia ini. Pada dasarnya kimia yang kita pelajari ini terdiri dari 3 level, yaitu level makroskopis, mikroskopis, dan simbolis. Makroskopis merupakan fenomena yang dapat kita amati (dilihat, dirasa, diraba, dsb), mikroskopis tidak dapat kita amati tapi level mikroskopis ini dapat menjelaskan level makroskopis, dan level simbolik contohnya rumus kimia, persamaan reaksi, dll.
Yang akan kita pelajari sekarang adalah Struktur dan GayaAntar Molekul. Menurut sobat apakah struktur suatu molekul dapat langsung kita amati? Jika saya punya air murni dalam gelas, menurut sobat apa yang menjadi bagian terkecil dari air tersebut? Yap, molekul H2O. Materi yang kita amati sehari-hari sesungguhnya tersusun dari sejumlah partikel yang bergabung melalui ikatan kimia atau gaya antarmolekul. Dengan diketahuinya jenis ikatan yang memperkokoh partikel, diharapkan kita dapat meramalkan bentuk geometri suatu materi, khususnya geometri molekul.
Yang akan sobat pelajari pada bab ini yaitu:

Silahkan sobat klik link-link diatas untuk memahaminya lebih lanjut, semoga dapat membantu sobat mempelajari materi kimia kelas XI, khususnya Bab Struktur dan GayaAntar Molekul.
Untuk melihat bab selanjutnya, silahkan klik Termokimia
Facebook Twitter Google+

Back To Top