Pembahasan Materi Pelajaran Kimia SMA

Thursday, June 27, 2013

Hibridisasi Dalam Senyawa Karbon

Menurut sobat Materi Kimia SMA, apakah hibridisasi terjadi pada senyawa karbon, bagaimana hibridisasi dalam senyawa karbon, khususnya ikatan pada karbon-karbon? Tinjau molekul etana (C2H6) dengan struktur molekul ditunjukkan berikut.

Struktur dan Gaya Antar Molekul

(a) Struktur molekul etana
(b) Struktur orbital pada molekul etana.

 

 

 

Bentuk molekul etana dapat dijelaskan dengan orbital hibrida sp3 pada kedua atom karbon. Ikatan C–C dibentuk melalui tumpang tindih antara orbital sp3 dan orbital sp3 dari masing-masing atom karbon. Enam ikatan C–H dibentuk melalui tumpang tindih orbital sp3 sisa dan orbital 1s dari atom H.

Ikatan yang terbentuk antara karbon-karbon maupun karbon-hidrogen adalah ikatan sigma yang terlokalisasi. Sehingga, akibat dari ikatan sigma yang terlokalisasi tersebut akan membentuk struktur tetrahedral murni.

Hibridisasi Dalam Ikatan Rangkap Dua

Salah satu molekul paling sederhana yang mengandung ikatan rangkap dua karbon-karbon adalah etena (C2H4). Atom-atom pada etena terletak pada satu bidang datar dan masing-masing atom karbon berikatan dengan dua atom lain membentuk struktur trigonal planar.

Oleh karena masing-masing atom karbon membentuk trigonal planar, hal ini menandakan terbentuknya orbital hibrida sp2 pada setiap atom karbon. Oleh karena itu, ikatan dalam etena dapat dijelaskan dengan orbital hibrida sp2. Setiap atom karbon masing-masing mengikat dua atom hidrogen melalui tumpang tindih orbital hibrida sp2 dan orbital 1s. Ikatan yang dibentuk semuanya berikatan sigma.

Ikatan antara karbon-karbon ada dua macam. Pertama orbital sp2 dari masing-masing atom karbon bertumpang tindih membentuk ikatan sigma C–C, seperti ditunjukan gambar berikut:

Materi Kimia SMA

Pada masing-masing atom karbon masih tersisa satu orbital hibrida sp2 yang belum digunakan berikatan dengan orientasi tegak lurus terhadap bidang H–C–H. Kedua orbital hibrida sp2 ini, kemudian bertumpang tindih lagi membentuk ikatan kedua. Ikatan ini dinamakan ikatan pi (π ). Jadi, ikatan rangkap dalam etilen dibangun oleh ikatan sigma dan ikatan pi, seperti ditunjukkan pada gambar berikut:

Materi Kimia SMA

Materi selanjutnya di kelas XI yang akan sobat pelajari yaitu Hibridisasi Dalam Ikatan Rangkap Tiga

Facebook Twitter Google+

Back To Top