Pembahasan Materi Pelajaran Kimia SMA

Sunday, August 18, 2013

Perubahan Entalpi Standar

Sobat Materi Kimia SMA, harga perubahan entalpi ditentukan oleh keadaan awal dan keadaan akhir sehingga perlu menetapkan kondisi pada saat entalpi diukur karena harga entalpi bergantung pada keadaan. Para ahli kimia telah menetapkan perubahan entalpi pada keadaan standar adalah kalor yang diukur pada tekanan tetap 1 atm dan suhu 298K.

Perubahan entalpi standar dilambangkan dengan ΔH°. Satuan entalpi menurut Sistem Internasional (SI) adalah joule (disingkat J). Perubahan entalpi standar untuk satu mol zat dinamakan ΔH° molar. Satuan untuk ΔH° molar adalah J mol–1. Jenis perubahan entalpi standar bergantung pada macam reaksi sehingga dikenal perubahan entalpi pembentukan standar ( ΔHf° ), perubahan entalpi penguraian standar ( ΔHd° ), dan perubahan entalpi pembakaran standar ( ΔHc° ).

Perubahan Entalpi Pembentukan Standar

Perubahan entalpi pembentukan standar ( ΔHf° ) adalah kalor yang terlibat dalam reaksi pembentukan satu mol senyawa dari unsur-unsurnya, diukur pada keadaan standar. Contohnya, pembentukan satu mol air dari unsur-unsurnya.

H2(g)  +  1/2 O2(g) → H2O(l)       ΔH°= –286 kJ mol–1

Berdasarkan perjanjian, ΔH° untuk unsur-unsur stabil adalah 0 kJ mol–1. Keadaan stabil untuk karbon adalah grafit ( ΔHf° Cgrafit = 0 kJ), keadaan stabil untuk gas diatom, seperti O2, N2, H2, Cl2, dan lainnya sama dengan nol ( ΔHf° O2, H2, N2, Cl2 = 0 kJ).

Perubahan Entalpi Penguraian Standar

Reaksi penguraian merupakan kebalikan dari reaksi pembentukan, yaitu penguraian senyawa menjadi unsur-unsurnya. Harga perubahan entalpi penguraian standar suatu zat sama besar dengan perubahan entalpi pembentukan standar, tetapi berlawanan tanda.

Contoh:

Pembentukan standar satu mol CO2 dari unsur-unsurnya:
C(s) + O2(g) → CO2(g)             ΔHf°= –393,5 kJ mol–1
Penguraian standar satu mol CO2(g) menjadi unsur-unsurnya:
CO2(g) → C(s) + O2(g)            ΔHd° = +393,5 kJ mol–1

Pada dasarnya, semua jenis perubahan entalpi standar dapat dinyatakan ke dalam satu istilah, yaitu perubahan entalpi reaksi( ΔH°reaksi ) sebab semua perubahan tersebut dapat digolongkan sebagai reaksi kimia.

Selanjutnya, di kelas XI ini sobat akan mempelajari hukum Hess

Facebook Twitter Google+

Back To Top