Pembahasan Materi Pelajaran Kimia SMA

Monday, August 5, 2013

Sistem dan Lingkungan

Secara prinsip, perubahan entalpi disebabkan adanya aliran panas dari sistem ke lingkungan, atau sebaliknya. Sobat Materi Kimia SMA, apakah yang disebut sistem dan lingkungan?

Secara umum, sistem didefinisiskan sebagai bagian dari semesta yang merupakan fokus kajian dan lingkungan adalah segala sesuatu di luar sistem yang bukan kajian.

Dalam reaksi kimia, sobat dapat mendefinisikan sistem. Misalnya pereaksi maka selain pereaksi disebut lingkungan, seperti pelarut, hasil reaksi, tabung reaksi, udara di sekitarnya, dan segala sesuatu selain pereaksi.

Soal: Ke dalam gelas kimia yang berisi air, dilarutkan 10 g gula pasir. Jika gula pasir ditetapkan sebagai sistem, manakah yang termasuk lingkungan?

Jawab: Karena gula pasir dipandang sebagai sistem maka selain dari gula pasir termasuk lingkungan, seperti air sebagai pelarut, gelas kimia, penutup gelas kimia, dan udara disekelilingnya.

Jika sobat sudah memahami materi kelas XII tentang sistem dan lingkungan ini, selanjutnya sobat akan mempelajari reaksi eksoterm dan endoterm

Facebook Twitter Google+

Back To Top