Pembahasan Materi Pelajaran Kimia SMA

Monday, September 9, 2013

Teori Tumbukan dan Energi Aktifasi

Sobat Materi Kimia SMA, tumbukan antara pereaksi ada yang menghasilkan reaksi dan tidak, sebagai contoh amati gambar reaksi antara hidrogen dan iodium berikut.

Laju Reaksi

Materi Kimia Kelas XI

Berdasarkan teori tumbukan, suatu tumbukan akan menghasilkan suatu reaksi jika ada energi yang cukup. Selain energi, jumlah tumbukan juga berpengaruh. Laju reaksi akan lebih cepat, jika tumbukan antara partikel yang berhasil lebih banyak terjadi.

Energi Aktivasi

Pada kenyataannya molekul-molekul dapat bereaksi jika terdapat tumbukan dan molekul-molekul mempunyai energi minimum untuk bereaksi. Energi minimum yang diperlukan untuk bereaksi pada saat molekul bertumbukan disebut energi aktivasi. Energi aktivasi digunakan untuk memutuskan ikatan-ikatan pada pereaksi sehingga dapat membentuk ikatan baru pada hasil reaksi.

Misalnya energi aktivasi pada reaksi gas hidrogen dan iodium dengan persamaan reaksi: H2(g) + I2(g) → 2 HI(g), digambarkan pada grafik sebagai berikut.

Materi Kimia SMA

Itulah penjelasan mengenai teori tumbukan dan energi aktifasi, materi kimia kelas XI selanjutnya yang akan sobat pelajari yaitu faktor yang mempengaruhi laju reaksi

Facebook Twitter Google+

Back To Top