Pembahasan Materi Pelajaran Kimia SMA

Monday, November 11, 2013

Indikator Asam Basa

Sobat Materi Kimia SMA sudah mengenal kertas lakmus merah atau biru? Keduanya merupakan contoh indikator asam basa. Indikator yang akan sobat pelajari sekarang berkaitan dengan titrasi asam dan basa. Apa yang dimaksud titrasi asam basa?

Titrasi adalah suatu metode untuk menentukan konsentrasi zat di dalam larutan. Titrasi dilakukan dengan cara mereaksikan larutan tersebut dengan larutan yang sudah diketahui konsentrasinya. Reaksi dilakukan secara bertahap (tetes demi tetes) hingga tepat mencapai titik stoikiometri atau titik setara. Ada beberapa macam titrasi bergantung pada jenis reaksinya, seperti titrasi asam basa, titrasi permanganometri, titrasi argentometri, dan titrasi iodometri.

Dalam titrasi asam basa, zat-zat yang bereaksi umumnya tidak berwarna sehingga Anda tidak tahu kapan titik stoikiometri tercapai. Misalnya, larutan HCl dan larutan NaOH, keduanya tidak berwarna dan setelah bereaksi, larutan NaCl yang terbentuk juga tidak berwarna.

Untuk menandai bahwa titik setara pada titrasi telah dicapai digunakan indikator atau penunjuk. Indikator ini harus berubah warna pada saat titik setara tercapai. Apakah indikator asam basa itu? Indikator asam basa adalah petunjuk tentang perubahan pH dari suatu larutan asam atau basa. Indikator bekerja berdasarkan perubahan warna indikator pada rentang pH tertentu.

Terdapat beberapa indikator yang memiliki trayek perubahan warna cukup akurat akibat pH larutan berubah, seperti indikator metil jingga, metil merah, fenolftalein, alizarin kuning, dan brom timol biru.

Indikator asam basa umumnya berupa molekul organik yang bersifat asam lemah dengan rumus HIn. Indikator memberikan warna tertentu ketika ion H+ dari larutan asam terikat pada molekul HIn dan berbeda warna ketika ion H+ dilepaskan dari molekul HIn menjadi In.

Salah satu indikator asam basa adalah fenolftalein (PP), indikator ini banyak digunakan karena harganya murah. Indikator PP tidak berwarna dalam bentuk HIn (asam) dan berwarna merah jambu dalam bentuk In (basa). Perhatikan struktur fenolftalein berikut.

Kesetimbangan Ion-ion Dalam Larutan

Untuk mengetahui bagaimana indikator bekerja, perhatikan reaksi kesetimbangan berikut yang menyatakan indikator HIn sebagai asam lemah(Ka = 1,0 × 10–8)

Materi Kimia SMA

Jika ke dalam larutan ditetesi indikator pada pH = 3 atau [H+]=1,0 × 10–3 M, dihasilkan perbandingan:

Materi Kimia SMA kelas XI

Perbandingan tersebut menunjukkan bahwa struktur yang lebih dominan adalah bentuk HIn (tidak berwarna).

Jika ion OH (basa) ditambahkan ke dalam larutan, [H+] berkurang dan posisi kesetimbangan bergeser ke arah pembentukan In. Ini berarti mengubah HIn menjadi In. Jika ion OH ditambahkan terus, bentuk Indominan dan larutan berwarna merah jambu.

Materi selanjutnya yaitu titrasi asam basa

Facebook Twitter Google+

Back To Top