Pembahasan Materi Pelajaran Kimia SMA

Wednesday, February 27, 2013

Kesetimbangan Ion-ion Dalam Larutan


Apakah sobat Materi Kimia SMA pernah memperhatikan air yang ada di alam? Misalnya air laut. Air laut merupakan campuran berbagai macam larutan garam yang dapat memengaruhi pH. Campuran tersebut juga dapat mempertahankan harga pH, walaupun air sungai yang mengalir ke laut bersifat asam atau basa. Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Selain itu, ada juga garam-garam yang hampir tidak larut dalam air pada pH tertentu, tetapi dapat larut dalam pH yang berbeda. Sifat-sifat garam seperti ini dapat dimanfaatkan untuk memisahkan garam-garam yang terkandung dalam mineral untuk kepentingan pemisahan logam-logam.
Contoh-contoh di atas terjadi karena adanya proses kesetimbangan ion-ion dalam larutan. Apa saja yang dapat memengaruhi kesetimbangan larutan? Bagaimanakah pengaruhnya terhadap kelarutan senyawa? Anda akan menemukan jawabannya setelah mempelajari bab ini, berikut adalah list materi-materinya.

Silahkan sobat klik link-link di atas, semoga bisa membantu sobat mempelajari kimia. Tetap semangat ya, sobat kan sudah kelas XI, hehehe.
Yang mau liat bab selanjutnya, silahkan klik Sistem Koloid

Facebook Twitter Google+

Back To Top