Pembahasan Materi Pelajaran Kimia SMA

Thursday, December 5, 2013

Perhitungan pH Larutan Penyangga

Bagaimana perhitungan pH larutan penyangga? Apakah seperti perhitungan pH di materi hidrolisis sebelumnya? Bagaimana membuat larutan penyangga yang memiliki nilai pH tertentu? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, silahkan sobat Materi Kimia SMA perhatikan uraian berikut.
Sobat dapat membuat larutan penyangga dari campuran asam lemah dan basa konjugat atau dari basa lemah dan asam konjugatnya, dengan tetapan ionisasi asam lemah atau basa lemah mendekati konsentrasi ion H+ atau pH yang diharapkan.
Sebagai gambaran, misalnya larutan penyangga dibuat dari asam lemah HA dan basa konjugatnya A. Persamaan kesetimbangan ionisasi asam adalah:
Kesetimbangan ion-ion dalam larutan
Tetapan ionisasi dari asam lemah HA adalah:
Materi Kimia SMA
Persamaan tersebut menyatakan konsentrasi ion H+ dalam bentuk Ka asam lemah dikalikan dengan perbandingan konsentrasi HA dan Apada keadaan kesetimbangan. Jika [HA] dan [A] sama maka konsentrasi ion H+ dari larutan penyangga sama dengan nilai Ka.
Sobat  dapat menggunakan persamaan di atas untuk menentukan nilai pH larutan penyangga, yaitu:
Menentukan pH larutan penyangga
Ruas kiri persamaan menyatakan pH. Ruas kanan dapat disederhanakan menjadi pKa, dimana pKa = –log Ka. Jadi, persamaan di atas dapat ditulis dalam bentuk sebagai berikut.
Materi Kimia SMA
Secara umum, persamaan tersebut dapat dinyatakan sebagai berikut.
Materi Kimia SMAMateri Kimia SMA
Untuk membuat larutan penyangga dengan pH sesuai keinginan, misalnya pH ≈ 4,75, dapat dilakukan dengan mencampurkan asam lemah yang memiliki nilai pKa sekitar 4,74. Kemudian, dicampurkan dengan garam yang konsentrasi molarnya sama dengan asam lemah agar
– log [Asam]/[Garam] = 0sehingga pH = pK .
Materi kimia kelas XI selanjutnya yaitu kinerja larutan penyangga
Facebook Twitter Google+

Back To Top