Pembahasan Materi Pelajaran Kimia SMA

Tuesday, March 5, 2013

Konfigurasi Elektron Kalsium


Sebelumnya, apa jawaban sobat Materi Kimia SMA dari pertanyaan: “Bagaimana konfigurasi elektron untuk atom kalsium (Ca) dengan nomor atom 20?”
Perhatikan beberapa kemungkinan berikut.
  • 20Ca: 2  8  10
  • 20Ca: 2  8  8  2
  • 20Ca: 2  18
  • 20Ca: 2  8  18

Di antara ke-empat opsi tersebut, opsi mana yang benar menurut sobat Materi Kimia SMA? Jawabannya adalah b. Mengapa harus b?
Pada pengisian kulit M (untuk elektron ke-11 dan seterusnya), jika belum memenuhi jumlah maksimal (18 elektron) maka akan membentuk sub-sub kulit yang jumlahnya maksimal 8 elektron. Jadi, pada atom kalsium, setelah mengisi kulit ke-2 dengan 8 elektron akan tersisa 10 elektron. Ke-10 elektron ini akan membentuk konfigurasi dengan 8 elektron dan 2 elektron.

Elektron Valensi

Apakah sobat Materi Kimia SMA pernah mendengar atau membaca istilah “valensi”? Elektron valensi itu apa?
Elektron valensi merupakan elektron terluar dari suatu atom. Dengan kata lain, elektron valensi adalah elektron yang menempati kulit yang paling jauh dari inti atom.
Bagaimana menentukan elektron valensi?
Contoh: Berapakah elektron valensi dari natrium (11Na)?
Pertama tuliskan dahulu konfigurasi elektronnya, 11Na: 2   8   1
Kulit terluar dari 11Na adalah kulit-M (kulit ke-3), dihuni oleh 1 elektron. Jadi, elektron valensi natrium = 1.
Harus sobat ketahui, bahwa elektron valensi sangat menentukan sifat suatu unsur, khususnya sifat-sifat kimia dari unsur tersebut.
Materi elektron valensi merupakan materi terakhir di Bab Struktur Atom. Jika sobat mau membaca lagi dari awal, silahkan menuju materi Partikel Penyusun Atom
Facebook Twitter Google+

Back To Top