Konfigurasi Elektron


Sobat Materi Kimia SMA, pada pembahasan materi kimia kelas X: isotop, isobar, dan isoton, telah dikemukakan bahwa Nomor atom suatu unsur menyatakan jumlah proton dalam inti atom. Jika atom unsur itu bersifat netral secara listrik maka jumlah proton sama dengan jumlah elektron. Dengan demikian, nomor atom menyatakan jumlah elektron pada atom netral.
Elektron-elektron dalam atom polielektron (berelektron banyak) akan menghuni kulit menurut aturan tertentu. Aturan ini dikembangkan berdasarkan hasil perhitungan secara kuantum. Berdasarkan hasil perhitungan, keberadaan elektron-elektron dalam atom menghuni kulit-kulit dengan aturan:
2n2 ; n menyatakan kulit
Tabel berikut menunjukan jumlah elektron maksimum di kulit ke-1 s/d kulit ke-5.
Kulit (n)
K(1)
L(2)
M(3)
N(4)
O(5)
Maksimum jumlah elektron
2
8
18
32
50

Menentukan konfigurasi elektron suatu atom

Nomor atom menyatakan jumlah proton. Pada atom netral, jumlah proton = jumlah elektron, sehingga jumlah elektron atom Neon = 10.
Konfigurasi elektron-nya adalah 10Ne:  2   8 (pada kulit K 2 elektron; pada kulit L 8 elektron)

  • Tuliskan konfigurasi atom X dengan nomor atom 15!
Konfigurasi elektron-nya adalah 15X:  2   8   5 (pada kulit K 2 elektron; pada kulit L 8 elektron; pada kulit L 5 elektron)

Bagaimana konfigurasi elektron untuk atom kalsium (Ca) dengan nomor atom 20? Coba sobat Materi Kimia SMA hitung, kemudian tulis jawabannya dahulu. Untuk melihat jawabannya silahkan sobat menuju link konfigurasi elektron kalsium

No comments:

Post a Comment