Pembahasan Materi Pelajaran Kimia SMA

Tuesday, March 12, 2013

Ikatan Kovalen Koordinasi


Sobat Materi Kimia SMA, di materi sebelumnya telah dibahas bahwa dalam ikatan kovalen terjadi penggunaan bersama pasangan elektron valensi untuk mencapai konfigurasi elektron seperti gas mulia (oktet atau duplet). Menurut sobat, jika pasangan elektron yang dipakai pada ikatan kovalen berasal hanya dari salah satu atom, mungkinkah ini terjadi?
Berdasarkan gejala kimia, ternyata ada senyawa kovalen yang memiliki sepasang elektron untuk digunakan bersama yang berasal dari salah satu atom. Ikatan seperti ini dinamakan ikatan kovalen koordinasi atau ikatan kovalen koordinat. Perhatikan contoh pembentukan ikatan kovalen koordinasi berikut.
Pembentukan Ion Hidronium
Ion hidronium, H3O+, dibentuk dari molekul air yang mengikat ion hidrogen melalui reaksi:
H2O + H+ → H3O+
Struktur Lewisnya ditulis sebagai dibawah ini.

Pada molekul H2O  atom oksigen mempunyai dua pasang elektron bebas. H+ tidak mempunyai elektron. Untuk membentuk ikatan digunakan salah satu pasangan elektron bebas dari oksigen sehingga terbentuk ikatan kovalen koordinat. Ikatan ini bisa dituliskan sebagai berikut.

(tanda panah (→) menunjukkan pasangan elektron ikatan kovalen koordinat berasal dari atom oksigen)
Pembentukan Ion Amonium
Ion amonium,NH4+ , dibentuk dari NH3 dan ion H+ melalui reaksi: NH3 + H+ → NH4+. Struktur Lewisnya ditulis sebagai berikut.

Pada molekul NH3, atom N mempunyai 1 pasang elektron bebas. Pasangan elektron tersebut digunakan untuk mengikat ion H+ sehingga terbentuk ikatan kovalen koordinat. Ikatan ini bisa digambarkan sebagai berikut.

(Tanda panah (↓) menunjukkan pasangan elektron ikatan kovalen koordinat berasal dari atom nitrogen)
Selain dua contoh diatas, masih banyak senyawa yang memiliki ikatan kovalen, misalnya SO3, H3NBF3. Coba sobat tuliskan bagaimana struktur Lewis kedua senyawa tersebut, dan tunjukan ikatan kovalen-nya.
Materi kimia kelas X selanjutnya yang akan sobat pelajari yaitu ikatan kovalen polar
Facebook Twitter Google+

Back To Top