Pembahasan Materi Pelajaran Kimia SMA

Monday, March 4, 2013

Model Atom Rutherford


Apa sobat Materi Kimia SMA masih ingat dengan dengan materi penemuan neutron? Pada materi tersebut dijelaskan tentang percobaan penembakan partikel alfa oleh Rutherford. Nah, bagaimana kesimpulan Rutherford dari hasil percobaannya? Dari percobaan tersebut Rutherford menyimpulkan bahwa :
  • Atom tersusun atas inti atom yang bermuatan positif dan elektron-elektron yang bermuatan negatif.
  • Bagian terbesar dari atom merupakan ruang kosong dan massa atom terpusat pada inti.
  • Karena atom bersifat netral, maka jumlah muatan positif harus sama dengan muatan negatif.
  • Di dalam atom, elektron yang bermuatan negatif selalu bergerak mengelilingi inti atom.

Percobaan Rutherford ini menunjukan kelemahan model atom Thompson, sehingga ia membangun model baru, disebut model atom Rutherford.
model atom rutherford

Kelemahan model atom Rutherford

Sama seperti model atom pendahulunya, model atom Rutherford juga memiliki kelemahan. Kelemahan utama terletak pada pergerakan elektron yang mengelilingi inti atom.
Menurut hukum fisika klasik dari Maxwell, apabila suatu partikel bermuatan listrik bergerak melingkar akan mengemisikan energi-nya dalam bentuk cahaya yang mengakibatkan percepatan partikel semakin berkurang hingga akhirnya partikel tersebut diam. Dengan demikian, jika elektron yang bermuatan negatif bergerak melingkar mengelilingi inti bermuatan positif, maka akan kehilangan energinya sehingga gerakan elektron akan semakin berkurang yang akhirnya akan jatuh ke inti atom.
Jadi, menurut hukum fisika klasik, model atom Rutherford tidak stabil karena elektron akan kehilangan energinya sampai jatuh ke inti, pada akhirnya atom akan musnah. Akan tetapi, faktanya atom bersifat stabil.
Model atom selanjutnya yang akan sobat pelajari di kelas X ini adalah model atom Bohr
Facebook Twitter Google+

Back To Top