Pembahasan Materi Pelajaran Kimia SMA

Friday, March 15, 2013

Rumus Kimia


Sobat Materi Kimia SMA, pada pembahasan di kelas X sebelumnya, semua senyawa dituliskan menggunakan lambang yang menunjukkan jenis dan komposisi unsur penyusunnya. Lambang senyawa seperti itu dinamakan rumus kimia atau formula.
Rumus kimia didefinisikan sebagai rumus suatu zat yang menggunakan lambang dan jumlah atom-atom unsur penyusun senyawa. Dalam rumus kimia, bilangan yang menyatakan jumlah unsur ditulis dalam bentuk indeks bawah (tikalas/subscript) setelah lambang unsurnya.

Rumus Empirik dan RumusMolekul

Untuk menentukan rumus molekul suatu senyawa dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama, menentukan unsur-unsur yang terkandung dalam senyawa dan komposisinya. Temuan yang diperoleh dinamakan rumus empirik. Tahap kedua, menentukan massa molekul relatifnya
Rumus empirik adalah rumus paling sederhana dari suatu molekul, yang hanya menunjukkan jenis dan perbandingan terkecil dari unsur yang menyusun senyawa itu.
Contoh:
·         Rumus empirik etena adalah CH2. Rumus sesungguhnya dari etena adalah C2H4.
·         Rumus empirik amonia adalah NH3. Rumus sesungguhnya dari amonia juga NH3.
Untuk senyawa berupa molekul(molekuler), penting diketahui berapa jumlah atom sesungguhnya yang terdapat dalam setiap molekul. Hal ini dapat diketahui setelah massa molekul relatif dari molekul ditentukan. Bagaimana mencari massa molekul relatif? Sobat sudah mempelajarinya di Materi Ar dan Mr
Rumus Kimia selanjutnya yang akan sobat pelajari yaitu rumus senyawa ion
Facebook Twitter Google+

Back To Top