Pembahasan Materi Pelajaran Kimia SMA

Tuesday, March 5, 2013

Perkembangan Sistem Periodik (S.P Modern)


Sobat Materi Kimia SMA, coba dilihat buku kimia yang kalian punya. Biasanya di bagian depan atau bagian belakang terdapat tabel periodik unsur. Nah, menurut kalian kira-kira itu adalah sistem periodik modern atau klasik? Jelas modern lah, karena masih dipakai sampai zaman modern sekarang, hehehe. Oke, untuk sobat kelas X, silahkan disimak materi sekarang.

Sistem Periodik Modern

Bentuk sistem periodik modern adalah berupa tabel panjang yang dimodifikasi dengan cara mengeluarkan dua deret unsur-unsur yang tergolong unsur-unsur transisi dalam, yaitu unsur-unsur dimulai dengan nomor atom 58 sampai 71 (golongan lantanida) dan nomor atom 90 sampai 103 (golongan aktinida).
Dalam sistem periodik modern, unsur-unsur disusun menurut kenaikan nomor atom, bukan nomor massanya dan disusun ke dalam periode dan golongan. Terdapat 7 periode dan 18 golongan. Periode 1 dihuni 2 unsur; periode 2 dan 3 dihuni 8 unsur; periode 4 dan 5 dihuni 18 unsur; periode 6 dan 7 dihuni 32 unsur. Oleh karena terlalu panjang maka pada periode 6 dan 7, unsur dengan nomor atom 58–71 dan 90–103 dikeluarkan dari tabel dan ditempatkan di bawah tabel.
Setiap kolom dalam tabel periodik modern mengandung informasi tentang lambang unsur, nomor atom, nomor massa, wujud, dan informasi lainnya, seperti ditunjukkan pada sistem periodik unsur-unsur berikut.
sistem periodik

Semoga penjelasan dari Materi Kimia SMA tentang sistem periodik modern. Jika sobat mau melihat materi selanjutnya silahkan menuju Perioda dan Golongan
Facebook Twitter Google+

Back To Top