Pembahasan Materi Pelajaran Kimia SMA

Wednesday, May 22, 2013

Identifikasi Karbon dan Hidrogen


Bagaimana cara mengidentifikasi karbon dan hidrogen dalam suatu senyawa karbon? Sobat Materi Kimia SMA dapat melakukan percobaan sederhana dengan bahan lilin (senyawa hidrokarbon, C20H42) dan air kapur (larutan Ca(OH)2). Lilin direaksikan dengan oksigen dari udara (dibakar), hasil pembakaran lilin dilewatkan ke dalam air kapur. Skema percobaannya adalah sebagai berikut.
Identifikasi Karbon dan Hidrogen

Ketika lilin terbakar terjadi reaksi antara lilin dan oksigen dari udara. Jika pembakarannya sempurna, terjadi reaksi:
2C20H42(s) + 61O2(g) → 40CO2(g) + 42H2O(g)
Gas CO2 dan uap air hasil pembakaran akan mengalir melalui saluran menuju larutan Ca(OH)2. Pada saat menuju larutan Ca(OH)2, terjadi pendinginan oleh udara sehingga uap air hasil reaksi akan mencair. Hal ini dibuktikan dengan adanya tetesan-tetesan air yang menempel pada saluran. Oleh karena titik embun gas CO2 sangat rendah maka akan tetap sebagai gas dan bereaksi dengan larutan Ca(OH)2. Bukti adanya CO2 ditunjukkan oleh larutan menjadi keruh atau terbentuk endapan putih dari CaCO3. Persamaan reaksinya:
CO2(g) + Ca(OH)2(aq) → CaCO3(s) + H2O(l)
Setelah mempelajari cara identifikasi karbon dan hidrogen, materi kimia kelas X selanjutnya yaitu Klasifikasi Hidrokarbon
Facebook Twitter Google+

Back To Top