Pembahasan Materi Pelajaran Kimia SMA

Monday, June 10, 2013

Bentuk Molekul dan Valensi Terarah

Sobat Materi Kimia SMA, menurut teori ikatan valensi, pada pembentukan ikatan, orbital-orbital hibrida dari atom pusat harus bertumpang tindih dengan orbital atom lain dengan arah tertentu. Pada molekul CH4, orbital hibrida sp3 dari atom karbon akan bertumpang tindih dengan orbital-s dari atom hidrogen membentuk ikatan terlokalisasi sp3–s sepanjang sumbu ikatan C–H. Oleh karena ikatan yang terbentuk memiliki orientasi tertentu dalam ruang maka ikatan ini disebut ikatan valensi terarah.

Bentuk molekul yang dibangun oleh CH4 ditentukan oleh orientasi orbital hibrida sp3 dalam atom karbon. Dengan kata lain, bentuk molekul ditentukan oleh struktur orbital hibrida pada atom pusat. Mengapa orbital hibrida memiliki struktur?

Selain orbital-s, orbital-p dan orbital-d memiliki orientasi tertentu dalam ruang. Orbital-orbital hibrida yang terbentuk dari orbital-orbital atom juga memilki struktur tertentu di dalam ruang.

Jenis orbital hibrida yang dapat dibentuk dari kombinasi orbital s, p, dan d adalah orbital hibrida sp, sp2, sp3, dsp3, sp3d2, atau d2sp3. Orbital-orbital tersebut memiliki orientasi tertentu dalam ruang.

Untuk memahami struktur-struktur tersebut, silahkan sobat Materi Kimia SMA menuju materi kimia kelas XI selanjutnya, yaitu Struktur Linear

Facebook Twitter Google+

Back To Top