Pembahasan Materi Pelajaran Kimia SMA

Saturday, June 8, 2013

Struktur Linear

Apakah sobat Materi Kimia SMA masih ingat materi kelas XI sebelumnya tentang struktur BeH2 menurut prediksi teori domain elektron adalah linear? Bagaimana menurut pandangan teori ikatan valensi dengan pendekatan hibridisasinya?

Atom pusat pada molekul BeH2 adalah berilium dengan konfigurasi elektron 4Be: 1s2 2s2 2p0. Jika dilihat dari konfigurasi elektronnya, atom Be tidak memiliki elektron yang tidak berpasangan. Jadi, tidak mungkin dapat berikatan membentuk molekul, tetapi faktanya atom Be dapat membentuk molekul BeH2. Agar atom Be dapat berikatan dengan atom H maka orbitalorbital 2s pada kulit valensi mengadakan hibridisasi dengan orbital 2p yang masih kosong, diikuti promosi elektron dari orbital 2s ke orbital 2p. Hasilnya adalah

Materi Kimia SMA

Pembentukan orbital hibrida sp dapat ditunjukkan pada gambar berikut.

Materi Kimia SMA

Orbital hibrida sp memiliki dua aspek penting, yaitu:

· Setiap orbital menyediakan daerah tumpang tindih yang cukup besar dengan orbital 1s dari atom hidrogen.

· Orbital-orbital tersebut memiliki orientasi 180° satu sama lain.

Dua orbital 2p yang tidak digunakan membentuk orbital hibrida berada pada posisi tegak lurus satu sama lain terhadap sumbu yang dibentuk oleh orbital hibrida sp.

Setiap orbital hibrida sp dalam atom Be bertumpang tindih dengan orbital 1s dari atom H membentuk dua orbital ikatan terlokalisasi yang setara. Setiap ikatan Be–H dalam molekul BeH2 disebut ikatan - σ (sigma) dan struktur molekul yang terbentuk adalah linear.

Materi Kimia SMA

Itulah materi kimia SMA: Struktur Linear (Bab Struktur dan Gaya Antar Molekul) yang sobat pelajari di kelas XI ini. Materi selanjutnya yang akan sobat pelajari yaitu Struktur Trigonal Planar

Facebook Twitter Google+

Back To Top