Pembahasan Materi Pelajaran Kimia SMA

Friday, June 14, 2013

Teori Ikatan Valensi dan Hibridisasi

Menurut sobat Materi Kimia SMA, apa kelemahan dari teori domain elektron yang telah sobat pelajari sebelumnya di kelas XI ini? Teori domain elektron sangat bermanfaat untuk meramalkan bentuk molekul sederhana, tetapi teori tersebut tidak menjelaskan bagaimana elektron-elektron dalam kulit terluar dari atom pusat dapat membentuk struktur tertentu. Untuk mengetahui hal ini dapat dijelaskan dengan hibridisasi orbital atom sebagai implementasi dari teori ikatan valensi.

Pada teori ikatan valensi ini, ikatan akan terbentuk antara dua atom jika memenuhi syarat sebagai berikut.

· Ketika membentuk ikatan, orbital-orbital pada atom pusat mengadakan restrukturisasi melalui proses hibridisasi membentuk orbital hibrida. Selanjutnya, orbital hibrida ini berikatan dengan orbital atom lain.

· Orbital-orbital yang berikatan harus bertumpang tindih (overlapping) satu sama lain.

· Jumlah elektron dalam orbital ikatan yang bertumpang tindih maksimal dua elektron dengan spin berlawanan.

· Kekuatan ikatan bergantung pada derajat tumpang tindih. Semakin besar daerah tumpang tindih, semakin kuat ikatan yang terbentuk.

· Orbital-orbital atom selain orbital-s dalam berikatan memiliki arah tertentu sesuai orientasi orbital atom yang berikatan.

Hibridisasi Orbital Atom

Apakah yang dimaksud dengan hibridisasi? Hibridisasi adalah proses pencampuran orbital-orbital atom membentuk orbital baru dengan tingkat energi berada di antara orbital-orbital yang dicampurkan. Orbital hasil pencampuran dinamakan orbital hibrida.

Mengapa orbital-orbital berhibridisasi? Untuk dapat menjawab hal ini, tinjau molekul CH4 yang dibentuk dari satu atom karbon dan empat atom hidrogen dihubungkan dengan konfigurasi elektron atom karbon.

Konfigurasi elektron atom karbon dengan nomor atom 6 sebagai berikut: 6C: 1s2 2s2 2p2

Elektron valensi pada atom karbon dapat diungkapkan dalam bentuk diagram sebagai berikut.

Materi Kimia SMA

Jika Anda perhatikan konfigurasi elektron valensi tersebut, atom karbon hanya memiliki 2 elektron yang tidak berpasangan. Seharusnya, atom karbon maksimal mengikat 2 atom hidrogen membentuk CH2, seperti pada molekul PCl3

Materi Kimia SMA                 Materi Kimia SMA

Mengapa atom karbon dapat membentuk empat ikatan kovalen dengan atom-atom lain? Kasus ini dan untuk semua molekul yang lain dapat dijelaskan dengan pendekatan hibridisasi.

Materi Kimia SMA

Oleh karena tingkat energi orbital 2s dan 2p tidak berbeda jauh maka dimungkinkan orbital-orbital tersebut berhibridisasi membentuk orbital yang baru ketika akan membentuk ikatan dengan atom-atom lain. Bagaimana proses terjadinya hibridisasi orbital-orbital pada atom pusat? Simak kembali molekul CH4. Ketika atom hidrogen mendekati atom karbon, terjadi perubahan tingkat energi orbital-orbital pada atom karbon sedemikian rupa sehingga dimungkinkan terjadinya hibridisasi orbital-orbital valensi atom karbon.

Materi Kimia SMA

Oleh karena orbital-orbital hibrida yang dibentuk memiliki tingkat energi yang sama (di antara 2s dan 2p) maka elektron yang berasal dari orbital 2s dipromosikan ke orbital p3 yang masih kosong. Orbital hibrida tersebut dinamakan orbital sp3 karena berasal dari satu orbital-s dan tiga orbital-p.

Materi Kimia SMA

Dalam proses hibridisasi, berlaku hukum kekekalan orbital. Artinya jumlah orbital sebelum dan sesudah dicampurkan sama. Jadi, hibridisasi satu orbital-s dan tiga orbital-p akan terbentuk empat orbital sp3.

Setelah bekenalan dengan teori ikatan valensi dan hibridisasi (materi kimia kelas XI) ini, selanjutnya sobat Materi Kimia SMA akan mempelajari Bentuk Molekul dan Valensi Terarah

Facebook Twitter Google+

Back To Top