Pembahasan Materi Pelajaran Kimia SMA

Monday, June 17, 2013

Molekul Kovalen Berikatan Rangkap

Bagaimanakah pandangan teori domain elektron terhadap molekul yang memiliki ikatan kovalen rangkap dua atau rangkap tiga? Menurut teori domain elektron, ikatan rangkap dianggap sebagai satuan gugus elektron seperti halnya ikatan tunggal yang menghubungkan atom dengan atom pusat M. Contohnya, molekul CO2 yang mengandung ikatan rangkap dua.

Menurut teori domain elektron, bentuk molekul CO2 dapat dianggap sebagai dua gugus pasangan elektron ikatan, seperti pada molekul BeCl2. Oleh karena itu, bentuk molekul CO2 dianggap linear.

Materi Kimia SMA

Contoh molekul lain dengan ikatan rangkap tiga adalah HCN. Pada molekul HCN ada dua gugus pasangan elektron pada atom pusat C, yaitu pasangan elektron ikatan dengan H dan tiga pasangan elektron ikatan dengan N (ikatan rangkap tiga) sehingga diramalkan memiliki bentuk molekul linear.

Materi Kimia SMA

Menurut sobat apa kesimpulan dari uraian yang telah sobat Materi Kimia SMA pelajari sebelumnya? Andaikan M menyatakan atom pusat, X menyatakan atom yang terikat pada atom pusat, dan pasangan elektron bebas dinyatakan dengan E maka rumus bentuk molekul dapat diungkapkan sebagai MXmEn, dengan m adalah jumlah ligan dan n adalah jumlah pasangan elektron bebas dalam kulit valensi atom pusat. Berdasarkan rumusan tersebut, Anda dapat menyatakan molekul dengan rumusan tersebut. Contohnya, CH4 sebagai MX4, NH3 sebagai MX3E, dan H2O sebagai MX2E2.

Hasil-hasil yang dicapai dengan teori domain elektron dalam meramalkan bentuk molekul untuk molekul-molekul berikatan tunggal dan rangkap disajikan pada tabel berikut.

Materi Kimia SMA

Materi Kimia SMA

Itulah penjelasan mengenai Teori Domain Elektron yang sobat pelajari di kelas XI ini. Teori selanjutnya yang akan sobat pelajari yaitu Teori Ikatan Valensi dan Hibridisasi

Facebook Twitter Google+

Back To Top