Pembahasan Materi Pelajaran Kimia SMA

Tuesday, June 4, 2013

Struktur Tetrahedral

Sobat Materi Kimia SMA, orbital hibrida sp3 dapat dibentuk melalui kombinasi orbital s dan tiga orbital p. Orbital sp3 yang dibentuk ekuivalen dalam ukuran maupun tingkat energinya. Akibatnya, keempat orbital hibrida sp3 membentuk tetrahedral yang simetris di sekitar atom pusat dan molekul yang dibentuk melalui orbital hibrida sp3 memiliki struktur tetrahedral. Orientasi orbital hibrida sp3 ditunjukkan pada gambar berikut.
Materi Kimia SMA
Oleh karena keempat orbital setara maka struktur yang terbentuk adalah tetrahedral. Masing-masing elektron valensi dalam orbital hibrida sp3 tidak berpasangan dengan spin sejajar (aturan Hund).
Molekul CH4 dibentuk melalui tumpang tindih orbital hibrida sp3 dari atom C dan orbital 1s dari atom H membentuk empat orbital ikatan sigma terlokalisasi. Bentuk molekul CH4 adalah tetrahedral, sama seperti struktur orbital hibrida sp3.
Materi Kimia SMA
Sebagaimana diramalkan oleh teori domain elektron, bentuk molekul CH4 tetrahedral dan keempat ikatan C–H setara. Keempat orbital ikatan terlokalisasi dalam CH4 dibentuk melalui tumpang tindih orbital sp3 dan orbital 1s dari atom hidrogen.
Struktur selanjutnya yang akan sobat pelajari di kelas XI ini yaitu struktur trigonal bipiramidal dan oktahedral





Facebook Twitter Google+

Back To Top