Pembahasan Materi Pelajaran Kimia SMA

Friday, March 15, 2013

Contoh Reaksi Kimia


Materi kimia kelas X terakhir di Bab PersamaanKimia, sobat Materi Kimia SMA akan mempelajari beberapa contoh reaksi kimia, yaitu:

Reaksi Penguraian

Reaksi penguraian adalah suatu reaksi senyawa tunggal terurai menjadi dua atau lebih zat yang baru. Contoh: Jika amonium klorida dipanaskan maka akan terurai menjadi amonia dan asam klorida. Persamaan reaksinya:
NH4Cl(s) → NH3(g) + HCl(g)

Reaksi Penggabungan

Reaksi penggabungan adalah reaksi dimana dua buah zat atau lebih bergabung membentuk satu jenis zat yang baru. Contoh: Di atmosfir gas nitrogen dan gas hidrogen dapat bereaksi membentuk amonia dengan bantuan petir. Persamaan reaksinya:
N2(g) + 3H2(g) 2NH3(g)

Reaksi Pendesakan

Reaksi pendesakan atau disebut juga reaksi pertukaran tunggal adalah reaksi dimana suatu unsur menggantikan posisi unsur lain dalam suatu senyawa. Contoh: Jika logam seng dicelupkan ke dalam larutan tembaga(II) sulfat akan menggantikan posisi tembaga. Persamaan reaksinya:
Zn(s) + CuSO4(aq) Cu(s) + ZnSO4(aq)

Reaksi Metatesis

Reaksi metatesis atau reaksi pertukaran ganda adalah reaksi kimia yang melibatkan pertukaran antar ion-ion dalam senyawa yang bereaksi. Contoh: Larutan natrium sulfat bereaksi dengan barium nitrat membentuk endapan putih dari barium sulfat. Persamaan reaksinya:
Na2SO4(aq) + Ba(NO3)2(aq) ⎯⎯→ 2NaNO3(aq) + BaSO4(s)
Itulah beberapa contoh reaksi kimia, jika sobat mau membuka Bab Persamaan Kimia dari awal, silahkan sobat menuju materi tata namasenyawa kimia
Facebook Twitter Google+

Back To Top