Pembahasan Materi Pelajaran Kimia SMA

Wednesday, March 6, 2013

Hubungan Konfigurasi Elektron dan Sistem Periodik


Sobat Materi Kimia SMA, masih ingat tentang konfigurasi elaktron? Jika ada yang sudah lupa, silahkan buka kembali materi kimia kelas X: konfigurasi elektron. Nah, bagimana? Jadi tidak usah dijelaskan lagi ya apa itu konfigurasi elektron atau elektron valensi.
Bagaimana kaitannya konfigurasi elektron dan sistem periodik modern?
Untuk memahaminya, coba sobat hitung konfigurasi elektron dari atom 11Na.
11Na: 2  8  1     ; dilihat dari konfigurasi elektron-nya, Na memiliki elektron valensi 1, elektron valensi tersebut terletak di kulit M atau kulit ke 3.
Sekarang sobat buka tabel periodik. Di tabel periodik, Na termasuk golongan IA, dan perioda ke 3. Apa yang dapat sobat Materi Kimia SMA simpulkan?
Contoh kedua, sobat hitung konfigurasi elektron dari karbon (6C) dan bromin (35Br)
6C : 2  4                       ; elektron valensi 4 pada kulit ke 2
Lihat di tabel periodik, karbon termasuk golongan IVA dan perioda ke 2
35Br : 2  8  18  7           ; elektron valensi 7 pada kulit ke 4
Lihat di tabel periodik, bromin termasuk golongan VIIA dan perioda ke 4
Sudah cukup jelas ya bagaimana kaitannya sistem periodik dengan konfigurasi elektron. Dan perlu sobat ketahui jika cara ini hanya dapat digunakan untuk unsur-unsur golongan utama (IA-VIIIA). Untuk unsur-unsur transisi, sobat akan mempelajari caranya nanti di kelas XI.
Nah, begitulah materi Hubungan Konfigurasi Elektron dan Sistem Periodik dari Materi Kimia SMA yang sobat pelajari di kelas X ini. Materi selanjutnya silahkan sobat menuju Beberapa Sifat Periodik Unsur
Facebook Twitter Google+

Back To Top