Loading...

Hukum Perbandingan Berganda

Reply A+ A-

Sobat Materi Kimia SMA, hukum ketiga kali ini masih berkaitan dengan perbandingan. Jika materi kimia kelas X sebelumnya adalah hukum perbandingan tetap, sekarang sobat akan mempelajari hukum perbandingan berganda. Apa yang dimaksud dengan hukum perbandingan berganda?
Menurut Dalton: jika dua macam unsur membentuk lebih dari satu senyawa maka massa salah satu unsur berbanding sebagai kelipatan bilangan bulat dan sederhana. Pernyataan ini dikenal dengan Hukum Perbandingan Berganda dari Dalton.
Contoh: Fosfor dan klorin dapat membentuk dua macam senyawa. Dalam senyawa X : 2 g fosfor tepat bereaksi dengan 6,9 g klorin. Dalam senyawa Y : 2 g fosfor tepat bereaksi dengan 11,5 g oksigen. Bagaimana rumus kedua senyawa ini?
Perbandingan massa unsur klorin dalam kedua senyawa (untuk berat fosfor yang sama) adalah 6,9 : 11,5 = 3 : 5. Dengan demikian, rumus senyawa X dan Y adalah PCl3 dan PCl5 dengan bentuk struktur seperti di bawah ini.
hukum perbandingan berganda

(a) PCl3 dan (b) PCl5
Dari contoh tersebut, apakah sobat bisa memahami maksud dari hukum perbandingan berganda? Yang harus sobat fahami, untuk memudahkan perhitungan, selain unsur yang “berkelipatan-perbandingan”, massanya harus sama. Jika dilihat contoh di atas, unsur P pada senyawa X dan Y masing-masing memiliki massa 2 g.
Selanjutnya, materi kimia kelas X  yang akan sobat pelajari yaitu Hukum Perbandingan Volume

Materi Kimia Kelas X 1039424167943428872

Post a Comment

Home item