Pembahasan Materi Pelajaran Kimia SMA

Tuesday, March 12, 2013

Perbandingan Senyawa Ion dan Kovalen


Sobat MateriKimia SMA pasti sudah memahami bahwa ikatan ion dan ikatan kovalen berbeda dalam proses pembentukannya. Oleh karena itu, senyawa yang dibentuknya juga memiliki sifat-sifat fisika dan kimia yang berbeda. Berikut ini akan dibahas beberapa perbedaan sifat fisik senyawa ion dan senyawa kovalen, seperti kemudahan menguap (volatile), daya hantar listrik, dan kelarutan.

Kemudahan Menguap

Jika di dapur terdapat cuka (senyawa kovalen) dan garam dapur (senyawa ion), senyawa mana yang akan tercium baunya? Tentu yang tercium adalah cuka. Mengapa garam dapur tidak tercium baunya?
Jika sobat merasakan bau sesuatu, berarti ada gas atau uap dari suatu zat yang masuk ke hidung sobat. Uap tersebut tentu berasal dari zat yang ada di sekitar sobat. Jika suatu zat berwujud padat atau cair tercium baunya, berarti zat tersebut mudah menguap atau memiliki titik didih relatif rendah pada tekanan normal. Pada kasus tersebut, cuka mudah menguap dibandingkan garam dapur. Titik didih cuka 119°C dan garam dapur 1.517°C. Kemudahan menguap dari suatu zat berhubungan dengan gaya tarik antarmolekul.
Gaya tarik antarmolekul harus dibedakan dengan ikatan antaratom dalam molekul. Gaya tarik antarmolekul adalah antaraksi antarmolekul yang berdampak pada wujud zat bersangkutan, sedangkan ikatan antaratom adalah antaraksi antara atom-atom yang membentuk molekul atau senyawa.
Gaya tarik antarmolekul dalam senyawa kovalen relatif lemah dibandingkan senyawa ion. Akibatnya, senyawa kovalen pada umumnya mudah menguap dibandingkan senyawa ion, kecuali senyawa kovalen yang membentuk jaringan raksasa, seperti intan dan grafit.
Kemudahan menguap dari senyawa kovalen banyak dimanfaatkan sebagai parfum atau deodorant. Sejumlah kecil senyawa kovalen yang dicampurkan ke dalam produk komersial memberikan bau yang harum. Berikut adalah contoh-contoh produk komersial yang mengandung senyawa kovalen.
senyawa kovalen

Perbedaan selanjutnya yang akan sobat pelajari di kelas X ini adalah daya hantar listrik
Facebook Twitter Google+

Back To Top