Loading...

Ikatan Ion

Reply A+ A-

Melanjutkan materi kimia kelas X: Bab Ikatan Kimia, kali ini sobat akan mempelajari ikatan ion. Pengertian ion sendiri sudah sobat peroleh di SMP kan? Ada yang masih ingat apa yang dimaksud ion?
Sobat Materi Kimia SMA, sebelumnya telah dijelaskan bahwa suatu atom dapat mencapai konfigurasi elektron gas mulia dengan cara melepaskan elektron valensi, menangkap elektron, atau menggunakan bersama elektron valensi membentuk pasangan elektron. Untuk mencapai keadaan stabil tersebut, atom-atom dapat melakukan ikatan satu sama lain dengan cara serah-terima elektron valensi membentuk ikatan ion (terjadi antara atom logam dan nonlogam). Senyawa yang dibentuk dinamakan senyawa ion. Ikatan ion terbentuk akibat adanya serah-terima elektron di antara atom-atom yang berikatan sehingga konfigurasi elektron dari atom-atom itu menyerupai konfigurasi elektron gas mulia. Adanya serah-terima elektron menghasilkan atom-atom bermuatan listrik yang berlawanan sehingga terjadi gaya tarikmenarik elektrostatik. Gaya tarik-menarik inilah yang disebut ikatan ion.
Atom  yang menyerahkan elektron valensinya kepada atom pasangannya disebut kation (bermuatan positif).
Atom yang menerima elektron dari atom pasangannya disebut anion (bermuatan negatif).

Lewis menggambarkan elektron valensi atom dengan titik yang mengelilingi lambang atomnya. Jumlah titik menyatakan jumlah elektron valensi. Penulisan seperti itu dikenal dengan rumus titik elektron. Perhatikan proses pembentukan senyawa natrium klorida (NaCl) yang terbentuk dari atom natrium (Na) dan atom klorin (Cl) berikut.
Na + Cl → Na+Cl-
ikatan ion

Atom natrium melepaskan satu elektron membentuk kation Na+, konfigurasi elektronnya sama dengan atom neon (2 8). Pada saat bersamaan, atom klorin menerima elektron dari atom natrium membentuk anion Cl, konfigurasinya sama dengan atom argon (2 8 8). Oleh karena kedua ion yang terbentuk memiliki muatan berlawanan maka terjadi gaya tarik-menarik elektrostatik (gaya coulomb) membentuk ikatan ion.
Selanjutnya, materi kimia kelas X yang akan sobat pelajari adalah ikatan kovalen

Materi Kimia Kelas X 7760825326042161093

Post a Comment

Home item